5 Tips Jitu Cegah Tinta Printer Kering !

  • Whatsapp
https://pxhere.com/id/photo/853177
https://pxhere.com/id/photo/853177

Magelang News – Printer merupakan alat cetak dokumen yang dibutuhkan dalam administrasi perkantoran. Tidak hanya itu, sekolah atau kampus juga membutuhkannya. Namun, seringkali alat ini cepat rusak atau mengalami gangguan. Untuk mengatasinya, Anda harus tahu tips agar tinta printer tidak kering.

Berikut ada cara untuk mencegah tinta printer mengering. Jadi, Anda tidak perlu repot memperbaiki tinta yang sudah kering atau membeli tinta yang baru. Tidak hanya hemat waktu dan tenaga, tetapi Anda juga menghemat pengeluaran pribadi maupun kantor.

Bacaan Lainnya

5 Cara Merawat Tinta Printer Agar Kerjanya Optimal

Ada beberapa tips agar tinta printer tidak kering. Berikut ini Anda bisa temukan 5 contohnya. Setelah mengetahui setiap tips, maka Anda bisa merawat tinta printer agar lebih awet. Berikut penjelasan singkat untuk Anda.

1. Memilih Printer Terbaik

Sama seperti produk elektronik lain, produk berkualitas dan merek terbaik umumnya lebih awet dan tahan lama. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat di berbagai review di website marketplace atau blog-blog pribadi.

Selain itu, pilih printer sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakannya sebagai peralatan kantor yang cukup aktif digunakan, pilih printer dengan fitur paling lengkap. Tapi, jika penggunaan printer untuk kegiatan pribadi saja, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Saat Anda mengganti catridge, gunakan yang asli dan kualitasnya sama dengan penggunaan awal. Sekarang ini banyak sekali layanan yang memberikan jasa pengisian catridge. Anda harus memilih yang memasukkan tinta asli sesuai mereknya. Jika memungkinkan, pilih jasa pengisian catridge yang sekaligus dapat melakukan perawatan.

2. Digunakan Secara Teratur

Printer mudah error dan tinta dapat mengering justru jika jarang digunakan. Apalagi jika printer dibiarkan berdebu. Mesin printer mungkin saja berdebu atau masuk benda-benda kecil lain.

Sementara itu, tinta yang dibiarkan lama akan mengering. Jadi, saat akan digunakan mesin macet atau dokumen tidak tercetak. Jika Anda punya mesin printer di rumah, perhatikan intensitas penggunaannya.

Dalam kondisi tinta terpasang, hendaknya dapat digunakan minimal seminggu sekali. Selain itu, hindari pula mencetak dokumen dalam jumlah banyak sekaligus karena mesin akan bekerja secara berlebihan. Biasanya yang lebih dulu mengalami masalah adalah head printer.

3. Merawat Printer dengan Baik

Menggunakan printer dengan teratur dan merawatnya dengan baik adalah cara yang tepat untuk mencegah tinta printer kering. Sehebat dan semahal apapun printer yang Anda gunakan, sayang sekali jika tidak dirawat dengan baik.

Hanya waktunya yang membedakan kapan printer akan rusak. Ada yang aus dalam waktu cepat dan ada yang lebih lama.

Selain perawatan yang sudah disebutkan pada nomor dua, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Mengganti selang printer setiap 5 sampai 6 bulan sekali, meski tinta masih bisa mengalir dengan lancar. Selang yang terlalu lama dapat menjadi kaku dan akan mengganggu kinerja cetakan.
  • Menutup printer saat tidak digunakan dalam waktu lama. Ini akan membuat printer terbebas dari debu yang mengganggu gerakan mesin atau membuat tinta cepat kering.
  • Menyimpan printer di tempat yang cukup tinggi. Ini membuat mesin jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu, kemungkinan kabel dimainkan atau digerogoti hewan juga lebih kecil.

4. Mengetahui Ciri-Ciri Printer Kering

Selanjutnya, agar tidak terlanjur rusak dan harus diganti, Anda harus mengetahui ciri-ciri tinta printer kering. Jadi, saat tanda sudah ada Anda bisa langsung memperbaiki, membersihkan, atau mencairkannya.

Ciri-ciri tinta kering, yaitu:

  • Hasil cetak tidak jelas, meski tinta terlihat masih ada.
  • Hasil cetakan bergaris
  • Catridge tidak terdeteksi di sistem aplikasi printer
  • Hasil cetak warna sudah tidak sempurna. Jika printer Anda mempunyai warna lengkap, yang terlihat hanya warna tertentu saja atau abu-abu semua.
  • Tidak terlihat hasil cetak sama sekali, padahal mesin berjalan.

5. Memperbaiki Segera Tinta Printer yang Kering

Jika Anda mempunyai salah satu kondisi yang disebutkan pada nomor 4, bagaimana cara mengatasi tinta kering pada printer?

Ada dua cara melakukannya, yaitu cara melalui sistem. Dia setiap printer Anda akan menemukan deep cleaning dan nozzle neck. Carilah cara menggunakannya di buku penggunaan yang selalu ada saat membeli produk.

Saat cara pertama di atas gagal, barulah menggunakan cara  manual. Cara manual mudah saja, yakni: membuka cartridge dari tempatnya dan menyiapkan air hangat. Cartridge lalu direndam di air hangat maksimal 10 menit. Jika sudah selesai, tiriskan air yang ada pada cartridge lalu lap lembut dengan tisu semua bagiannya.

Setelah cara manual di atas, Anda harus kembali melakukan deep cleaning. Tanda perbaikan berhasil adalah deep cleaning yang sukses. Hal di atas juga berlaku untuk cara mengatasi tinta printer warna hitam tidak keluar.

Beli Tinta Printer Hp Berkualitas di Blibli

Di atas telah disebutkan, cara paling utama agar printer tidak lekas kering adalah menggunakan printer berkualitas. Salah satu yang terbaik adalah printer dengan merek Hp.

Printer ini tersedia berbagai jenis sesuai kebutuhan. Ada printer dengan khusus tinta hitam saja, berwarna, yang dipadukan dengan mesin fotocopy, scan, dan seterusnya. Yang pasti semuanya ada di Blibli.

Mengapa membeli printer jenis ini? Karena tinta printer HP termasuk awet dan tahan lama.    Apalagi jika Anda pesan di Blibli. Ada official store yang menjamin keasliannya dan kualitas. Selain itu, harga juga lebih murah dibandingkan toko lain.

Dengan perawatan baik dan penggunaan hati-hati, tinta tidak mudah kering. Tips agar tinta printer tidak kering dan memilih printer Hp solusi terbaik untuk semua pekerjaan administrasi dan dokumentasi Anda. Yuk, segera buktikan dengan melihat rekomendasi printer terbaik di Blibli!

Pos terkait