Hari Kesetiakawanan Nasional: Pemkot Magelang, Yayasan SJB & Kitabisa Kolaborasi Kuatkan Lansia

  • Whatsapp

Magelang News – Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menunjukkan jumlah lansia usia 60 tahun ke atas di Indonesia mencapai angka 10,8 persen atau sekitar 29,3 juta orang. Angka ini akan terus meningkat hingga mencapai 19,9 persen pada tahun 2045.

Dengan kondisi tersebut Indonesia akan dihadapkan pada tantangan kondisi lansia sebagai kepala keluarga tunggal dan kemiskinan.

Bacaan Lainnya

Atas hal itu Pemerintah Kota Magelang berkolaborasi dengan Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan platform penggalangan dana dan donasi Kitabisa, memberikan penguatan dan pembekalan terhadap para lansia di Kota Magelang bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2022.

Pembekalan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako kepada 100 orang lansia.

Walikota Magelang dr. H. Muchammad Nur Aziz, Sp.Pd mendukung penuh terhadap program kolaborasi ini. Ia berharap kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun berkesinambungan dengan melibatkan lebih banyak pihak agar penguatan kepada lansia dan keluarga dengan lansia dapat berjalan maksimal.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Sandal Jepitan Bareng dan Kitabisa yang telah menginisiasi program ini. Sebagaimana kita tahu pemerintah mulai dari pusat hingga daerah sedang benar-benar mempersiapkan lonjakan angka lansia pada 2045 nanti. Penting bagi kita untuk dilakukan penguatan sejak sekarang agar keluarga dengan lansia dapat berdaya dan menghadirkan lansia tangguh dan sejahtera” ucap Nur Aziz, Walikota Magelang

Budi Irawanto selaku Ketua Yayasan Sandal Jepitan Bareng menjelaskan acara ini merupakan kolaborasi pertama antara Yayasan Sandal Jepitan Bareng (SJB) dan Kitabisa dengan jajaran pemerintahan Magelang. “Berangkat dari hasil riset BPS tersebut, perlu rasanya kita semua berkolaborasi dalam menuntaskan penguatan lansia dan keluarga dengan lansia di Magelang. Makanya acara ini kami turut melibatkan banyak pihak termasuk relawan kesehatan di Magelang.

Semoga lansia dan keluarga lansia yang hadir hari ini dapat penguatan dalam menjalankan kehidupannya kedepan, dapat terus berdaya dan tangguh”.

Kitabisa sebagai platform penggalangan dana dan donasi online terpercaya di Indonesia turut ambil bagian dalam program ini. Sebagai platform urun dana, banyak amanah orang baik yang dititipkan melalui Kitabisa untuk para lansia di Indonesia.

Kitabisa juga akan selalu mendukung dan menyambut baik kolaborasi baik yang diinisiasi oleh Yayasan SJB bersama Pemerintah Magelang. Semoga kita bisa membantu menguatkan para lansia hingga menjadi tangguh dan berdaya.

Selain melakukan edukasi dan penyuluhah kepada para lansia, pada acara ini turut dilakukan pemberian paket sembako dan cek kesehatan gratis bagi 100 lansia di Kota Magelang.

Pos terkait